Wednesday, May 1, 2013

Tips Perawatan Komputer

Komputer atau laptop merupakan sebuah alat elektronik yang saat ini bisa dikatakan adalah bagian dari hidup, untuk sebagian pengguna, bayangkan jika perangkat yang satu ini rusak, atau bekerja sangat lambat at atau malah tidak hidup sama sekali. Tentunya akan sangat memusingkan.

Seperti hanya perangkat lain seperti mobil, perangkat ini pun perlu perawatan yang berkala, berikut ini saya "share" tips untuk perawatan komputer anda.
1. Perbaiki Pesan Error.

Bila ada sebuah pesan error muncul dihadapan kita, kebanyakan pengguna komputer langsung menekan tombol "Cancel", atau menekan tanda silang pada sudut jendela untuk menghilangkan pesan error ini. Ya, pesannya hilang tetapi tidak menyelesaikan masalah, pesan akan muncul berkala bahkan komputer anda mulai terasa lambat atau "lag".

Sebaiknya baca dengan seksama pesan error, bila anda tidak mengerti bahasa inggris, coba terjemahkan dengan kamus hingga anda tau apa yang harus ditekan dan apa yang harus anda lakukan. bila anda tetap tidak solusi yang harus diambil, anda bisa bertanya pada "Google.com" atau bertanya pada teman anda yang berpengalaman.   

2. Buang Program yang Tidak Anda Gunakan.

Program dan Aplikasi yang tidak anda gunakan hanya membuat sesak hardisk dan regitry entry anda dan menyibukkan sistem, jadi lebih baik anda singkirkan. Membuang program harus hati-hati jangan di "delete" saja, gunakan "Add remove" pada Windows atau gunakan "Uninstall" pada "directory" program tersebut di install.

3. Defragmen

Defragment adalah menyusun hardisk anda hingga tersusun rapi dan sistem dapat mudah untuk mengunakan file-file dalam hardisk anda.

Anda dapat mengunakan "disk defragmenter" pada windows. caranya: tekan Start > All Program > Accessories > System tools > Disk Defragmenter

4. Clean Registry

Registy entry yang terlalu banyak membuat komputer anda berjalan lebih lambat, anda dapat mengunakan registry cleaner untuk, membersihkan entry registry yang aman untuk di hapus.

5. Periksa Hardisk anda.

Periksa hardisk anda terhadap kerusakan pisik atau "badsector" akibat pemutusan listrik tiba-tiba. 

6. Periksa Juga RAM anda.

Memori RAM yang suak, dapat membuat komputer anda lambat dan bahkan berhenti bekerja sama sekalai alias Hang!.

7. Periksa semua kabel dan sambungan kabel.

Rapikan kabel dalam case anda, pastikan kabel tidak mengenai kipas pendingin, dan pastikan sambungan-sambungan dalam kondisi baik dan terhubung dengan baik. 

Kabel yang tidak tersusun dapat menghambat sirkulasi udara pendingin, dan terkadang kipas pendingin tersangkut pada kabel hingga membuat komputer kepanasan, sambungan yang kurang baik pun mengakibatkan tidak optimalnya hardware anda bekerja bahkan dapat membuatnya rusak, konsleting bahkan terbakar. Jadi Hati-hati!

8. Bersihkan Bagian Dalam Casing Anda.

Debu, dapat membuat harware anda berjalan tidak maksimal, debu juga dapat menyebabkan arus pendek dan konsleting listrik dalam case anda yang akibatnya kerusakan permanen pada hardisk anda, dan debu kotoran juga menghambat sirkulasi udara dalam casing CPU anda.

9. Gunakan Perasaan anda.
Anda dapat mengunakan persaan anda, raba CPU anda apakah mulai terasa panas, atau terasa lambat. bila hal ini terjadi anda dapat mengambil tindakan lebih lanjut mencari solusi din.

Nah, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment